Great Flight with Lion Air CGK-SOC JT536

 
Boeing 737-900ER Lion Air at Adisoemarmo Intl Airport Solo (taken by my Samsung Galaxy S4)

     Dear reader...akhirnya saya bisa juga kembali menulis di blog setelah vakum selama satu semester. Kesibukan kuliah dan ujian akhir semester kemarin sangat menyita waktu saya hingga akhirnya datanglah liburan musim panas selama 3 bulan FULL, yang berarti saya menjadi pengangguran selama 3 bulan penuh.

    Trip report kali ini adalah #latepost alias posting kesiangan liburan semester ganjil saya selama 3 pekan di Januari 2014 lalu. As usual, rute saya adalah CGK-SOC-CGK-SOC-CGK yang memang "speciality" saya (oke, saya jujur. seumur-umur saya belum pernah ke destinasi-destinasi favorit rakyat Indonesia macam Singapore atau KL atau Hongkong atau Denpasar dan Medan).

    Apa yang membuat trip report saya unik? Sejujurnya nggak ada ^_^" , hanya saja ini pertama kalinya saya terbang bersama singa angop alias Lion Air tiga kali dalam sebulan dan hebatnya, semua flight saya tersebut hassle-free dan menyenangkan, tidak seperti pengalaman saya menggunakan Lion Air terdahulu.

     Sebenarnya trip report ini sudah saya tuliskan sejak beberapa bulan yang lalu, sayangnya ada sedikit error di blogger sehingga foto-foto saya tidak dapat ditampilkan. Oke, kita mulai saja ya trip report basi dan biasa saja ini.

LEG 1
OPERATOR: LION AIR
ROUTE: CGK-SOC
FLIGHT NO: JT536
EQUIPMENT: BOEING 737-900ER PK-LJH (Sky Interior)
(2nd Boeing Sky Interior, 1st Lion Air Boeing Sky Interior)

     Singkat cerita, penerbangan kali ini saya bersama adik laki-laki saya yang duduk di kelas X SMA memilih tempat duduk pilihan terlebih dahulu saat online check-in via website Lion Air. Kami datang ke bandara  dan ke counter check-in untuk drop down bagasi kami.. Kemudian tibalah saatnya boarding menggunakan bus ke Terminal 1B tempat pesawat kami parkir.



Penampakan pesawat yang saya tumpangi dari dalam garbarata
ONBOARD

Touchscreen control panel Boeing 737 Sky Interior
View from my seat
Desain baru di overhead panel yang lebih modern

TAKE-OFF

    Berikut suasana cabin, traffic dan pemandangan saat take-off

Cbin light ON

Cbin light OFF
Citilink Airbus A320

Aircraft graveyard

GMF AeroAsia

GMF AeroAsia




INFLIGHT

Suasana cabin pesawat saat cruising berikut pemandangan di luar

Boeing Sky Interior: Sky
Boeing Sky Interior

Boeing Sky Interior: sunset
Lion Air BoB (Buy Onboard) Item: Tuc and Oreo each IDR 10k (USD 1)
Note: saya beli Tuc dan Oreo bukan karena suka, tapi lebih kepada kemasannya yang "menggoda", kesempatan mumpung naik Lion Air pikir saya saat itu (saya tidak tahu bahwa akhirnya saya naik Lion Air 2x lagi)

    Pemandangan di luar saat itu sangat mengagumkan, cuaca sangat cerah, secerah hati saya saat itu (ciee...)








LANDING

    Pesawat kamipun mulai descendimg (menurunkan ketinggian) dan memasuki ruang udara kota Solo. Berikut suasana cabin dan pemandangan di luar saat landing.


Gunung Merapi dan Merbabu

Gunung Merapi dan Merbabu

Gunung Merapi dan Merbabu, tampak Waduk Cengklik, jjalan tol Solo-Kertosono dan runway
Karena traffic yang cukup padat di bandara Adisoemarmo, akhirnya kami berputar terlebih dahulu di atas kota Solo, free city sight-seeing from the air! Cukup membantu saya mengembalikan ingatan tentang bangunan-bangunan di kota Solo



Downtown Solo City dari udara, nampak Solo Grand Mall, Stadion Manahan, Stadion Sriwedari, Taman Balekambang, Solo Paragon dan Jalan Slamet Riyadi
LANDING

Akhirnya pesawat kami mendapat clearance untuk landing. Pesawat kembali berputar balik ke arah bandara dan mulai menurunkan ketinggian (descend). Pemandangan daerah pedesaan di sekitar Kota Solo (masuk wilayah Karanganyar) saat itu sangat indah, hijau royo-royo.

Jalan Raya Solo-Purwodadi dan rel Solo-Semarang dari udara


Area persawahan disekitar kota Solo (masuk wilayah Boyolali)

Landing di kota Solo
Parkir di sebelah SilkAir Airbus A320 yang akan berangkat ke Singapore
DISEMBARKING

Akhirnya perjalanan usai dan kami keluar dari pesawat. Berikut beberapa snapshot pesawat tumpangan kami, taken by my Samsung Galaxy S4:

Lion Air Boeing 737-900ER PK-LJH

Lion Air Boeing 737-900ER PK-LJH

Lion Air Boeing 737-900ER PK-LJH

VERDICT

Menurut saya, pengalaman terbang bersama Lion Air kali ini adalah salah satu pengalaman terbang terbaik.Selain penerbangan yang tepat waktu, pesawat baru dengan Boeing Sky Interior, pemandangan yang amazing, plus beberapa improvement dari Lion Air seperti: cabin baggage policy yang lebih strict dengan berat maksimal 7 kg dan diberi tag khusus. Walaupun yang saya dengar musim peak season lebaran kemarin Lion Air kembali "kedodoran". Terima kasih Lion Air atas pengalaman terbang yang nyaman :)

Please kindly follow my IG account: @laudyablue

Incoming search term:
Lion Air, terbang bersama Lion Air, Lion Air trip report, Jakarta-Solo, Trip report Solo, Solo City, Surakarta, pengalaman Lion Air, Lion Air Boeing 737-900ER, Boeing Sky Interior, Trip report

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengunjungi Pesawat Garuda Indonesia DC-9-32 PK-GNT di Museum Transportasi TMII

Kartu Multi Trip Edisi KRL 205

Garuda Indonesia Child Meal on GA 222 CGK-SOC