Tutorial Install Google Apps di Xiaomi Redmi 3 dengan ROM China


Bismillah
Happy weekend all! Mumpung saya sedang rajin, kali ini saya akan membahas tutorial install Google Apps di smartphone Xiaomi yang menggunakan ROM stable versi China aka Tiongkok. Tenang, langkah-langkah yang saya gunakan amat sederhana dan mudah, tanpa perlu flashing, root atau menggunakan TWRP recovery. Hanya install .apk, as simple as that ;-)

Tak lupa, tutorial ini saya dapatkan dari laman blog berikut, dan saya praktikkan pada Xiaomi Redmi 3 milik orang tua saya.

LATAR BELAKANG

    Orang tua saya baru saja membeli Xiaomi Redmi 3. Seperti yang Anda ketahui, Redmi 3 tidak masuk Indonesia secara resmi alias melalui jalur distributor. Dan sayangnya, ROM yang digunakan oleh Redmi 3 garansi distributor merupakan ROM abal-abal yang mengandung bloatware dan (katanya) malware serta menurut pengalaman saya sendiri, ponsel menjadi lebih hangat dalam penggunaan normal. Plus, ROM versi distributor ini TIDAK AKAN mendapatkan update MIUI selama-lamanya. Hiks, ngenes kan?

    ROM distributor yang ada pada Redmi 3 milik orang tua saya berkode MIUI 7.1.1.0.0. Menurut keterangan yang saya baca di internet, versi MIUI resmi seharusnya hanya memiliki 4 digit angka (misal: 7.1.1.0). Ok fix, berarti Redmi 3 saya menggunakan ROM abal-abal. Singkat cerita, saya akhirnya melakukan flashing ROM ke MIUI 7.2 stable versi China, karena memang belum tersedia ROM MIUI resmi versi global. Dan seperti yang Anda ketahui juga... ROM versi China tidak menyediakan Google Apps (karena memang Google dilarang di China), sehingga tak akan Anda temui Google Play Store dan kawan-kawannya nongkrong di MIUI versi China.

    Tapi tenang, Redmi 3 dengan ROM China Anda tetap dapat menggunakan Google Apps dan Google Services (seperti sinkronisasi kontak, kalendar dll). Caranya sangat mudah, effortless dan nggak pusing. Penasaran, yuk kita mulai saja!

PERSIAPAN

1. Siapkan Redmi 3 atau smartphone Xiaomi lainnya dengan ROM China yang Anda miliki. Pastikan Anda memiliki paket data dengan kuota berlimpah.

2. Buka aplikasi "Downloads" yang biasanya ada di folder "Tools"


3. Buka aplikasi tersebut, maka akan tampak seperti ini, pilih tiga titik di pojok kanan atas


4. Kemudian pilih "settings", setelah itu akan nampak pilihan seperti berikut ini, pilih "Download size limit"


5. Atur download size limit menjadi "unlimited"


Now you're ready to install Google Apps!

TUTORIAL INSTALL GOOGLE APPS TANPA ROOT DI XIAOMI REDMI 3

1. Buka "Mi App Store", dan akan muncul Mi App Store versi China

Pilih Mi App Store

Tampilan awal Mi App Store China


2. Ketik "Google" di kolom pencarian dan pilih menu yang berada dalam kotak merah berikut


3. Kemudian, pilih aplikasi Google Services Framework yang berada dalam kotak merah

Pilih "Google Services Framework"

4. Setelah itu, silahkan install Aplikasinya

Keterangan aplikasi Google Services Framework

Aplikasi tersebut akan menginstall beberapa aplikasi Google secara bertahap, setiap kali aplikasi tersebut meminta izin, selalu "allow" alias izinkan saja. Setelah semua aplikasi Google terinstall, Anda pun dapat membuka Google Play Store untuk mengunduh aplikasi favort anda serta sinkronisasi akun Google Anda dengan Xiaomi Redmi 3 atau ponsel Xiomi Anda.

Hasilnya:

Google Play Store nongkrong cantik di Redmi 3 orang tua saya
Tak lupa install Google Search agar bisa mencari menggunakan Google Now
    Oke, sekian dulu postingan saya mengenai cara install Google Apps di smartphone Xiaomi Redmi 3 yang bisa juga digunakan di smartphone Xiaomi lainnya. Saran, kritik dan bimbingan saya nantikan, mengingat saya juga bukan ahli oprek Android, hanya end-user biasa. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :-)

Catatan: Tutorial ini saya tulis saat Google Apps sudah terinstall di Xiaomi Redmi 3 orang tua saya, namun langkah-langkah yang saya gunakan untuk menginstall Google Apps tersebut sama persis dengan yang saya tuliskan di sini.


Incoming search terms: Cara install Google Apps xiaomi, install google play store xiaomi, install google play store redmi 3, sinkronisasi akun google xiaomi, sinkronisasi akun google redmi, install google play xiaomi cina

Komentar

  1. dear laudyablue,

    Mau tanya dong, kalau beli yang garansi distributor gini, masuk bandara bermasalah kah??
    Butuh info banget nih.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Amelia

      Maaf baru merespon, saya gagal terus ketika membalas komentar Anda.

      Saya belum pernah mencobanya untuk penerbangan internasional, tapi untuk penerbangan domestik tidak ada masalah. Mungkin Anda bisa googling lebih lanjut mengenai hal ini.

      Thanks for dropping by!

      Hapus
  2. Gan play store nya dah visa di redmi 3 py says tapi kok g bisa buat download ya gan

    BalasHapus
  3. assalamualaikum..... terimakasih gan saya dah coba berhasil cuma memang belum bisa download..... tapi itu sudah selangkah ke depan .... lagii mau cari lagi nih biang kerok nya kenapa tidak bisa download mau cari suhu di cina dulu..... salam buat bapak nya.... kalau punya tolong solusi nya.....

    BalasHapus
  4. maaf.... sepertinya kesalahan tapi entah di mana..... saya instal ulang ternyata bisa download..... terimakasih ilmu nya moga barokah......

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengunjungi Pesawat Garuda Indonesia DC-9-32 PK-GNT di Museum Transportasi TMII

Kartu Multi Trip Edisi KRL 205

Garuda Indonesia Child Meal on GA 222 CGK-SOC