Melihat Lebih Dekat Pesawat Anak Bangsa: N250


Mock Up Pesawat N250 di Museum Nasional Indonesia
     Bismillah
     Dear Readers, sudah lama saya tidak menulis di blog sederhana ini. Sejujurnya saya malas menulis dan mengunggah foto di blog sejak foto-foto saya dicuri dan blog saya dijiplak 100% oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

    Sekitar sepekan terakhir, ponsel saya berkali-kali mengingatkan bahwa penyimpanan internal nyaris habis. Akhirnya saya menjelajahi tumpukan foto-foto di ponsel dan menemukan foto menarik: kunjungan saya ke Museum Nasional Indonesia pada awal tahun 2017 silam, Saat itu di Museum Nasional alias Museum Gajah masih tersimpan mock-up pesawat N250 buatan IPTN (Industri Pesawat Terbang Nusantara, kini menjadi PT. Dirgantara Indonesia). Mengingat pesawat ini memiliki nilai sejarah bagi bangsa Indonesia, tak ada salahnya kita mengintip pesawat yang belum sempat mengalami penerbangan komersial ini.

    Saat saya mengunjungi Museum Nasional, kondisi mock-up pesawat N250 ini cukup memprihatinkan dan kurang terawat. Nampak beberapa bagian pesawat N250 telah rusak atau berdebu. Mungkin karena ia disimpan di luar ruangan sehingga terkena panas dan debu. Beberapa bulan kemudian pesawat ini dipindahkan dari Museum Nasional, dan saat pameran Bekraf Habibie Fair 2017 saya melihat ada mock-up pesawat N250 dipajang di pameran tersebut. Harapan saya, semoga kelak ada museum penerbangan sipil berkelas internasional di Indonesia yang memiliki koleksi pesawat-pesawat bernilai sejarah bagi dunia kedirgantaraan Indonesia, seperti Airbus A300B4-200FF.

    Oke, sudah cukup pengantar dari saya. Selamat menikmati foto-foto kunjungan saya ke mock-up pesawat N250.

Pesawat N250 di bagian luar gedung Museum Nasional 
Livery khas PT. Dirgantara Indonesia dan tulisan "N250" pada badan pesawat
Bagian belakang mock-up yang terbuka

Pintu L1 di mock-up pesawat N250 Museum Nasional

Melihat lebih dekat control panel dan jumpseat di mock-up pesawat N250 


Control panel dan intercom untuk awak kabin di mock-up pesawat N250
Kabin mock-up pesawat N250

Bangku mock-up pesawat N250


Kokpit mock-up pesawat N250

    Overall, saya cukup puas melihat mock-up pesawat N250 di Museum Nasional Indonesia meskipun kondisinya kurang terawat. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana saya, sampai jumpa kembali di posting berikutnya, insyaallah.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengunjungi Pesawat Garuda Indonesia DC-9-32 PK-GNT di Museum Transportasi TMII

Kartu Multi Trip Edisi KRL 205

Garuda Indonesia Child Meal on GA 222 CGK-SOC