Refund Kartu Multi Trip KRL



    Dear Readers! It's been so long since my last entry on this blog!
    Okay, hari ini saya akan menceritakan proses pengembalian saldo  (refund) Kartu Multi Trip KRL Commuter Line Jabodetabek.

    Pertama, biar saya jelaskan dulu, apa sih Kartu Multi Trip (KMT) itu?
Kartu Multi Trip adalah tiket perjalanan yang diterbitkan oleh PT. KAI Commuter Jabodetabek (PT. KCJ). Bedanya dengan kartu Tiket Harian Berjaminan (THB) adalah, KMT ini merupakan kartu prabayar, dimana kita mengisi saldo sebelum kartu kita gunakan untuk berpergian menggunakan KRL dan tidak memiliki batas waktu masa berlaku atau tujuan tertentu. Jadi, kita bisa wara-wiri keliling jalur KRL Commuter Line Jabodetabek sesuka hati selama saldo masih ada tanpa perlu antre di loket atau menyebutkan stasiun tujuan.

    Kartu Multi Trip dapat diisi ulang di seluruh loket stasiun KRL Commuter Line Jabodetabek serta mesin C-VIM (Commuter Vending Machine) dengan nominal minimal Rp 5.000 dan maksimal Rp 1.000.000. Minimum saldo untuk melakukan perjalanan adalah Rp 12.000, jadi cek saldo KMT mu terlebih dahulu ya sebelum naik KRL!

     Salah satu fitur yang ada di KMT yang saya sukai adalah...kita bisa menarik kembali saldo yang tersedia pada KMT alias refund. Yap, misalkan kita lagi lupa bawa uang tunai nih, lalu butuh banget uang tunai, kita bisa meminta saldo KMT kita untuk dicairkan kembali. Penasaran bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

Kelengkapan yang perlu disiapkan:
1. KTP atau Kartu Pelajar atau SIM atau bukti identitas lainnya.
2. Kartu Multi Trip (KMT) yang saldonya akan direfund/dikembalikan.

1. Menuju konter customer service stasiun atau loket
    Di konter customer service stasiun atau loket, sampaikan kepada petugas bahwa Kamu ingin refund atau pengembalian saldo Kartu Multi Trip. Petugas akan meminta KTP atau Kartu Pelajar serta identitas diri dengan foto lainnya.

2. Pengisian formulir refund KMT
    Petugas akan mengisikam formulir refund KMT, data-data yang diminta antara lain nama lengkap, alamat lengkap, nomor telepon serta nomor KMT yang akan dikembalikan saldonya.

3. Pengecekan saldo KMT.
    Petugas akan mengecek sisa saldo KMT pada balance reader. Setelah itu petugas akan memroses pengembalian dana dan menyerahkan saldo yang tersisa kepada kita.

Beberapa catatan penting:
1. Refund Kartu Multi Trip (KMT) mengharuskan semua saldo kita dikembalikan, tidak bisa hanya sebagian.
2. Bila chip KMT  sudah rusak maka kartu akan diambil, sementara bila chip KMT masih befungsi normal, maka kartu akan dikembalikan.

    Sekian informasi mengenai proses pengembalian saldo Kartu Multi Trip (KMT). Menurut saya ini adalah salah satu kelebihan KMT dibanding kartu bank (seperti Flazz BCA, e-money Mandiri, Tapcash BNI serta BRIzzi BRI), karena untuk refund saldo kartu bank prosesnya harus dilakukan di kantor cabang bank tersebut (tahu kan bagaimana antrenya customer service bank) serta saldo tidak bisa langsung cair. Plus KMT bisa diisi ulang dengan mudah di setiap stasiun KRL Commuter Jabodetabek.

    Ok, sekian dulu info dari saya kali ini, semoga bermanfaat. Have a nice day!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengunjungi Pesawat Garuda Indonesia DC-9-32 PK-GNT di Museum Transportasi TMII

Kartu Multi Trip Edisi KRL 205

Garuda Indonesia Child Meal on GA 222 CGK-SOC