Menukar KMT Lama ke KMT Sony FeliCa




Bismillah
Selamat Malam, Pembaca!

Kali ini saya akan berbagi pengalaman menukar Kartu Multi Trip (KMT) KRL Commuter Line Jabodetabek edisi lama yang belum menggunakan chip Sony FeliCa dengan KMT Sony FeliCa.

    Bila Kamu memperhatikan, sejak akhir 2015-awal 2016 PT. KAI Commuter Line Jabodetabek (PT. KCJ) menerbitkan KMT baru yang menggunakan chip Sony FeliCa, tidak menggunakan chip milik Telkom sebagaimana KMT lama yang berwarna hitam. KMT baru dengan chip FeliCa memiliki warna yang berbeda (putih glossy atau merah matte) dengan lambang "Powered by FeliCa" di bagian muka kartu. Selain menerbitkan KMT dengan chip Sony FeliCa, PT. KCJ juga menerbitkan tiket berchip FeliCa dengan bentuk lain seperti Gelang Multi Trip (GMT), gantungan kunci, serta stiker.

     Awal April 2017, PT. KCJ mengadakan program penukaran KMT lama yang belum memakai chip Sony FeliCa dengan KMT baru dengan chip Sony FeliCa tanpa biaya. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk dapat menukarkan KMT lama dengan KMT Sony FeliCa baru secara cuma-cuma, antara lain KMT pernah digunakan di bulan Maret 2017 serta masih aktif dan bisa dibaca oleh reader.

    Berikut adalah pengumuman resmi dari akun Twitter PT. KCJ:

Klik gambar untuk melihat tulisan lebih jelas

    Sebenarnya ada yang rancu dari pengumuman di atas, gambar yang ditampilkan adalah gambar KMT putih, merah dan hitam, sementara yang kita tahu KMT putuh dan merah sudah menggunakan chip Sony FeliCa sehingga tidak perlu ditukar. KMT yang bisa ditukar dengan KMT baru adalah KMT lama yang belum menggunakan chip Sony FeliCa.

    Menurut pengalaman beberapa kawan di dunia nyata maupun posting di dunia maya, ada beberapa orang yang ditolak menukarkan KMT, ada yang dibilang "kartunya masih bagus", ada yang tidak mendengar penjelasan dengan jelas. Ada juga yang berhasil mendapatkan KMT Sony FeliCa baru dengan prosedur penukaran yang berbeda-beda, ada yang harus membawa fotokopi KTP, ada yang minimal saldo harus Rp 30.000 dan lain sebagainya. Oleh karena itu disini saya akan berbagi pengalaman saya dua kali menukarkan KMT lama non Felica demgan KMT baru.

Penukaran Pertama

     Pertama kali menukarkan KMT lama dengan KMT baru, saya berjaga-jaga membawa fotokopi KTP karena ada yang bercerta bahwa disyaratkan membawa fotokopi KTP. Pagi itu sekitar pukul 05.25 WIB saya ke loket salah satu stasiun dan mengutarakan keinginan saya menukar KMT Sony FeliCa kepada petugas yang berjaga di loket KMT/refund THB. Oleh perugas saya diminta menyerahkan fotokopi KTP dan menunggu 1x24 jam untuk memgambil KMT baru. Saya menyerahkan fotokopi KTP dan KMT lama. KMT saya dicek oleh petugas dan dinyatakan layak untuk ditukar. Saya tidak mendapatkan formulir penukaran KMT, sehingga awalnya saya sempat khawatir mendapat masalah karena tidak memiliki bukti penukaran.

     Alhamdulillah semua berjalan lancar, keesokan harinya saya kembali ke loket stasiun yang sama di pagi hari, namun petugas yang berjaga menyatakan bahwa petugas yang mengurus penukaran KMT belum hadir. Saya kembali ke loket pada siang hari dan menyerahkan KTP untuk mendapatkan KMT FeliCa baru. Petugas memroses penukaran dan memberikan saya KMT baru dengan desain khusus "Contactless IC Card FeliCa-Tempelkan Kartu untuk Hidup Lebih Mudah" yang merupakan terjemahan tagline Sony FeliCa  "Just a Tap for an Easier Life". Saat saya intip ke bagian dalam loket, ternyata ada formulir penukaran KMT yang diisi petugas meskipun saya tidak mendapatkannya.

Penukaran Kedua

    Setelah sukses melakukan penukaran KMT perdana, saya kembali menukarkan KMT lama. Setelah saya mendapatkan KMT Sony FeliCa baru, saya menyerahkan KMT non FeliCa lain untuk ditukarkan. Kali ini petugas mengisi formulir dengan data diri saya yang tertera di fotokopi KTP yang masih disimpan petugas, meminta saya tanda tangan dan menyerahkan formulir sebagai bukti penukaran KMT untuk diserahkan saat pengambilan.

     Dua kali  saya melakukan penukaran KMT Sony FeliCa dengan dua cara yang berbeda. Bagi Kamu yang ingin menukarkan KMT, saran saya pastikan kartumu memiliki transaksi di bulan Maret serta siapkan fotokopi KTP untuk berjaga-jaga. Bila petugas tidak paham permintaanmu, tunjukkan saja pengumuman resmi penukaran KMT yang tertera atas atau yang biasanya ditempel di kaca loket. Semoga
berhasil!


Untuk informasi lebih lanjut mengenai penukaran KMT Sony FeliCa silahkan hubungi call center KAI 121, Twitter @commuterline, atau baca pengumuman resmi PT. KCJ di http://www.krl.co.id/dukung-integrasi-antarmoda-kcj-ajak-pemilik-tiket-kmt-tukar-kartu-dengan-kmt-teknologi-terbaru-secara-gratis/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengunjungi Pesawat Garuda Indonesia DC-9-32 PK-GNT di Museum Transportasi TMII

Kartu Multi Trip Edisi KRL 205

Garuda Indonesia Child Meal on GA 222 CGK-SOC