Paper Ticket Through The Ages::Mengenang Tiket Kertas Pesawat Terbang di Indonesia

Melihat berbagai airlines di Indonesia sekarang...
Terlihat bahwa mereka berusaha meningkatkan teknologi informasi dan komunikasi, diantaranya adalah dengan menggunakan tiket elektronik atau e-tiket yang memungkinkan seorang penumpang memiliki tiket yang paperless (tapi aslinya sama aja kalau di bandara sebelum masuk check-in hall juga di suruh liatin tiketnya). Airlines pertama yang menggunakan teknologi ini adalah Garuda Indonesia di tahun 2005 yang mana pada awalnya sistem e-tiket ini hanya di terapkan untuk penerbangan dari dan ke Surabaya, lalu secara bertahap sistem e-tiket ini di terapkan untuk penerbangan lainnya. Lalu airlines ainnya segera menyusul dan terakhir (sepengetahuanku), Lion Air dan Sriwijaya Air akhirnya juga menerapkan teknologi ini.

Tapi sejujurnya, bagiku tiket konvensional punya kenangan tersendiri dan terlihat jauh lebih eksklusif (tentu saja di bandingkan dengan selembar kertas print-out yang nggak jelas -kadang-). Berikut ini beberapa koleksi tiket konvensional::

GARUDA INDONESIA
TIKET KERTAS GARUDA INDONESIA (ATAS:2002 BAWAH:2006)


TIKET KERTAS IATA (GARUDA INDONESIA) ATAS:2003 BAWAH:2006



LION AIR / WINGS AIR

TIKET KERTAS LION AIR (ATAS:2004, BAWAH:2006)




TIKET KERTAS LION AIR 2007 (2 versi)

TIKET KERTAS LION AIR 2008-2010

TIKET KERTAS LION AIR 2008-2010


ADAMAIR


TIKET KERTAS ADAM AIR 2004 (ATAS) 2006-2007 (BAWAH)


SAUDI ARABIAN AIRLINES (DOUBLE COVER)

TIKET KERTAS SAUDI ARABIAN AIRLINES 2005

TIKET KERTAS SAUDI ARABIAN AIRLINES 2005 (TAMPAK BALIK)

AIRLINES LAINNYA

TIKET KERTAS MERPATI NUSANTARA (2008) & EXPRESS AIR (2010)


TIKET KERTAS SRIWIJAYA AIR
TIKET KERTAS TRIGANA AIR (2010)
TIKET KERTAS MANDALA AIRLINES (2003)

Komentar

  1. wuuiihh.. ternyata masih nyimpen mbak paper tiketnya. punya saya yang masih ada kayaknya cuma lion air dari 2007-2009 aja, abis itu udah nggak pernah pake paper tiket lagi.

    BalasHapus
  2. Haha,iya saya mengoleksi tiket konvensional sejak tahun 2003 (sejak saya kelas 3 SD dimana saya mulai menyukai dunia penerbangan). Sekarang saya sedang fokus untuk mengoleksi generasi-generasi terakhir tiket konvensional sebelum semua maskapai upgrade ke e-ticket. Terimakasih sudah mampir ke blog ini ^^

    BalasHapus
  3. Bagian dalamnya jg dong, penasaran ama si tiket "legend" ini :D hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya nya sih pengin ticket mandala Air buat rumah terbang saya

      Hapus
  4. Kalau sata ingin beli tiketnya dimana ya saya bisa beli untuk semya maskapai? Kalau anda jual saya beli soalnya punya saya hilang 5 tahun yg lalu lion air sma mandala

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengunjungi Pesawat Garuda Indonesia DC-9-32 PK-GNT di Museum Transportasi TMII

Kartu Multi Trip Edisi KRL 205

Garuda Indonesia Child Meal on GA 222 CGK-SOC